REFLEKSI DIRI 49Th USIAKU

tanpa terasa aku mulai memasuki usia yang paruh baya

kadang terasa cepat sekali hidup ini. aku merasa belum apa apa dan belum menjadi siapa siapa.. tapi hidup harus tetap berjalan..
        (Wajahku dirni hari ini difoto Swafoto 04.00 Wib)

               
     harus tetap bersemangat..
                       
..tanpa terasa aku mulai memasuki usia yang paruh baya
..kadang terasa cepat sekali hidup ini 
..aku merasa belum apa apa dan belum menjadi siapa siapa..
..tapi hidup harus tetap berjalan..
..harus tetap bersemangat..

09 April 2017 | 19.15 Wib
SEKITAR LIMA JAM LAGI AKU MEMPERINGATI KEDATANGAN USIA YG OTOMATIS MENGURANGI JATAH UMURKU. Tak terasa menyentuh angka 49 tahun. Aku bersiap menjemput Nyonyah Avi,kanda dan Dinda di Stasiun Lempuyangan..mereka bersama rombongan keluarga dari Jakarta menghadiri resepsi pernikahan family. Iyan /ichan anak dari mbak ming sepupu Nyonyah… break dulu mo brangkat..

09 April 2017 |  21.26 Wib
            Aku sampai di Stasiun Lempuyangan persis KA Bengawan sampai Sta.Lempuyangan juga.Aku bergegas menuju pintu keluar sebelah timur. Yang kutemui adalah keluarga Ridwan adik Nyah Avi. Ridwan bilang rombongan lain lewat pintu barat. Akhirnya aku songsong ke barat.Dinda dan Kanda ikut numpang Rani yg njemput pake mobil.Aku sama Nyah Avi naek motor. Sesampainya dirumah belum memungkinkan utk meneruskan cerita ini,tapi sekarang sudah mulai lanjut cerita refleksinya…

 10 April 2017 |  0150 Wib
Aku bangun tepat pukul 01.30 Wib. Terbangun saat  Dinda rebut mencari kamera. Ibuk juga terbangun mencari kamera. Akhirnya kamera itu ditemukan. Tanpa disadari oleh mereka berdua,ibuk dan Dinda…aku yang saat matalku terbuka dari tidurku…mengharapkan ada yang mengucapkan Selamat kepadaku..mereka melupakan kalo hari ini ulang tahunku…sedih sepi rasanya belum ada satupun keluarga yang aku cintai dan kuharapkan balik memperlakukan saat mereka ulang tahun…aku selalu paling duluan memberikan ucapannya. Trus mengajak yang lainnya menyegerakan mengucapkan  selamat ulang tahun secepat2nya….padahal ini sudah tepat tanggal 10 April …hariku..hari yang kuharapkan mereka terutama ibuk untuk memberikan ucapan special buatku…tapi ini sudah menginjak jam 02.00..aku melanjutkan mengetik langsung di laptopku ini.Ngantukku tiba2 hadir saat semalam waktu menunjukkan pukul 21.30 an..aku tak kuasa menahan kantukku..untungnya aku sudah ibadah sholat isyak sebelum menjemput tadi….
            Aku terbangun dan memulai hari ini dengan berwudhu,lalu melakukan ibadah dini hari,sholat wudhu,sholat taubat dan sholat tahajud….sebagai ungkapan rasa syukur memulai hari ini.Meski sedikit kecewa karena tak ada yg perduli dengan ulang tahunku…aku sengaja juga belum membuka media social atau HP ku…aku takut orang lain lebih dulu mengucapkan ucapan selamat tersebut…kenapa? Karena mereka pasti tahu dari timeline [pemberitahuan di facebook terutama…aku ingin murni keluargaku tahu sendiri.atau ada yang ingat….aku akan menunggu seolah2 nggak tahu atau nggak sadar bahwa hari ini ulang tahunku.
            Aku masih di depan laptop saat ini. Tadi saat dinda mengakiri mematikan layar komputernya dan berangkat tidur adalah jam 01.47 Wib…sesaat setelah aku berada di depan laptop.diapun tidur tanpa mengucapkan sesuatu…selamat malam atau selamat pagi…atau selamat ulang tahun yah..kata2 yg kuharapkan muncul itu tidak ada sepatah katapun yang keluar dari Dinda…Bahkan ibukpun saat sudah menemukan kamera tadi melanjutkan tidurnya…tanpa sadar ataupun pedulikan aku ngapain.aku melanjutkan mengetik kisahku hari ini.
            Waktu sekarang berjalan terus…sudah jam 02.10 Wib…aku masih mengetik dan sebenarnya nggak begitu nampak hurup2 dilayar laptopku…karena harusnya memakai kacamata plus satu seperempat,.aku akan mengambil kacamataku sebentar di tas kerjaku.

10 April 2017 | 02.15 Wib
            Aku sudah memakai kacamata plusku. Hurup-hurup tak lagi kabur,pandangan mata yang blawur sudah hilang dan kembali jelas. Kilas balik kembali menyusuri hari kemaren,sebelum melangkah kegiatanku sehari, seminggu, sebulan, setahun kemaren..dan kehidupanku sepanjang tahun hingga hinggap di 2017 ini usiaku 49th. Aku kemaren pagi seperti biasanya memulai ibadah pagi..dan meneruskan ritual mandi dan lain lain. Sambil menunggu Tata bangun,aku menikmati kopi di depan computer. Aku biasanya mendengarkan music sambil menambah volume agak keras,untuk membuat suasana pagi lebih semangat.sayangnya aku tidak memutar video bapak Candra Putra nNegara yang biasanya aku putar untuk memberikan motivasinya. Biasanya saya dulu memutar dan mengaumi sosok Mario Teguh…tapi semenjak kasus kebohongan terhadap hidupnya sy sedikit menarik rasa kagum saya karena ketidak jujuran Beliau terhadap pengingkaran anak kandungnya…tapi sy masih percaya beliau orang yang masih bisa menginspirasi …tapi untuk sementara saya tidak sering memutar video atau membaca kata kata manis pak Mario Teguh. Seperti Kekagumanku pada sosok lain yang sempat juga aku jadiin pedoman yaitu tokoh AA GYM…tetapi setelah kasusnya heboh akhibat poligami saya juga mengurangi kepedulian saya pada beliau..meskipun sy tidak membencinya. Semoga kekagumanku pada sosok MT juga kembali bisa menjadi biasa. Saya tidak ada kapasitas untuk membencinya.Dasarnya memang begitu ..semua manusia itu pasti ada kurang dan juga lebihnya.

10 April 2017 | 02.15 Wib
                    Kembali menyusuri hari kemaren,setelah cukup di depan layar computer sambil membaca2 saja wall di facebook dan mematikan beberapa akun facebook lain seperti hari sebelumnya saya juga mematikan email dan akun facebook lain….karena saya ingin lebih Fokus..ada beberapa saja…dulu sampe dua puluhan akun tersebut..kini tinggal beberapa kurang dari sepuluh..beberapa yg fungsi double atau yang tidak begitu efektif aku hapus…
Sekali lagi ..Aku ingin lebih focus..baik di pekerjaan dan hobi ataupun karya karya yang akan aku buat.

10 April 2017 | 02.38 Wib
            Aku membangunkan Tata untuk segera mandi dan mencari sarapan. Aku agak kerepotan selama tiga hari ditinggal ibuk ke Jakarta. Juga berasa sepi saat biasanya dengar suara Kanda,Dinda dan kali ini hanya mendengar suara ketawa Tata dari kamar Tata..entah menonton tayangan apa yang jelas sering sekali mendengar ketawanya menonton HPnya. Pagi,siang sore malam terus Tata menonton tayangan tersebut.kadang2 sambil memukul2 meja saking gemesnya kali. Akhirnya Tata selesai dan kita memutuskan untuk sarapan bubur Jakarta di jalan Bantul deket PASTY. Sesudah makan beberapa saat disana kami pun pulang.

10 April 2017 | 02.45 Wib
            Setelah sampai dirumah aku sebenarnya mau mencuci motor dan potong rambut. Tapi tiba tiba aku menonton review tentang Film Danur. Bukan menonton Film aslinya yang terbaru tapi malah menonton karya yg hamper mirip kisahnya dan horornya….yaitu aku baru tahu kalo Danur itu adalah cairan yang keluar dari mayat. Sekilas baru ingat dulu di SDN Percobaan aku mempunyai murid bernama Danur Seto…entah ortunya member arti apa dari namanya tersebut.
            Aku menonton beberapa Talkshow si tehRisa yang dalam Film Danur ini diperankan oleh seorang bintang film muda yaitu Prilly Latuconsina. Apa yang membuat aku terpaku oleh Film ini setelah membaca postingan dari WA grup ICMI,tentang lagi boomingnya Film ini. Karena Film ini bercerita tentang dunia lain. Dan seorang indigo yang bisa melihat dan bergaul dengan makluk dunia lain. Tentang kepercayaan seseorang terhadap hantu dan tentang sosok Risa yang bisa mengetahui bahwa dia punya 5 teman tapi hantu bule.
Sekilas yang membuat aku tertarik hingga menunda perjalanan mencuci motor dan potong rambut,karena dalam film ini aku membayangkan bila juga bisa menjadi seorang Indigo…tapi keraguan apakah aku kuat bila bersentuhan dengan dunia lain…agak menakutkan sih..
            Jarum jam menunjukkan aku harus mengajak makan siang Tata dulu. Baru mencuci motor dan potong rambut. Akhirnya setelah sy sholat Dzuhur dulu, kami pergi ke rumah makan padang Giwangan. Aku memilih lauk ayam seperti biasanya.kalau Tata memilih rendang. Sepulang dari makan,Tata aku antar pulang dan aku memutuskan utk menunda cuci motor tapi segera potong rambut yang gagal dari jumat minggu kmaren. Biasanya aku selalu potong rambut selalu di hari jumat. Tapi dah dua kali ini meleset harinya. Gpp biasa rencana tidak sesuai kenyataan. Aku sudah beberapa tahun potong rambut di OSMO jalan Parangtritis. Yang punya namanya Eko. Sosok ini menginspirasi. Dia anak muda yang gigih usaha potong rambut padahal dia tidak lulus SMP.. rapih pekerjaannya,juga tempatnya… terutama keahliannya memijat kepala dan servis yang baik kepada pelanggan yg menyebabkan banyak orang ingin kempali kesitu dan menjadi langganan. Kemandiriannya wira usaha cukup menginspirasi. Juga saat pulang melihat bakul2 yang gigih bekerja aku sangat salut dan kagum mereka berusaha mengumpulkan rupiah dengan baik dan telaten sedikit demi sedikit. Aku yang beberapa hari juga mempraktekkan.the power of 20ribuan…jadi sangat termotivasi dengan sosok sosok pejuang kehidupan ini.
Sosok pejuang kehidupan lain adalah pak Sobari seorang yg bekerja membeli barang2 tidak terpakai atau disebut Loak. Langgananku menimbang kertas dan buku serta barang2 sudah tidak terpakai yg bisa dikilokan… janjian dengan pak Sobari inilah yg menyebabkan aku batal mencuci motor Ibuk yg sudah lama tidak dicuci seperti motorku.. karena aku harus segera memilah2 kertas dan buku yang tidak aku butuhkan lagi..sudah beberapa saat aku menjual kertas dan buku yg tidak terpakai karena itu lebih manfaat dan tujuanku membersihakan kamar bisa segera terwujud. Dari kegiatan tersebut menyortir kertas dan menjualnya bisa sedikit2 dapat tambahan uang jajan buat anak…
            Sempat aku selingi sambil menunggu pak Sobari menmbang aku ibadah Ashar dulu. Lumayan hari kemaren aku dapat Rp 62.000,- kecil memang tapi pulas..karena bisa sedikit2 membersihakan buku2 yg selama ini membebani hidupku…juga bisa dapat manfaat meskipun kecil. Sore hari aku minta Tata untuk memesak nasi atas petunjukku dari hasil arahan ibuk sebelum ke Jakarta kemaren. Gas sudah beli pagi tadi setelah dua hari ini Gas kosong. Setelah Magrib aku dan Tata mencari lauk di Krapyak setelah tadinya mo beli lele tapi dah 2 malam ini kok tutup. Setelah aku makan aku mempersiapakan diri untuk menjemput Ibuk dan anak2 di Stasiun Lempuyangan. Karena waktu sudah menunjuk pukup setengah depalan malam. 19.42 Wib Kereta dijadualkan sampe stasiun.

10 April 2017 | 03.20 Wib
Aku menulis di laptop dari bangun tadi,sekarang terasa ngantuk dan sepertinya mo kamar mandi duluan..kebelet pipis..

10 April 2017 | 03.35 Wib
            Sampai disini,aku kembali akan meneruskan cerita yang tersurat setelah ada iklan barusan. Ternyata aku itu orangnya Baper-an (Bawa Perasaan), mungkin ibuk dan anak2 lupa kalau ini hari ulang tahunku..atau karena capek dari Jakarta,dan khilaf klupaan akut…yah aku harus memakluminya,bagaimanapun mereka adalah orang2 berarti dalam hidupku. Istriku itu orang yang sudah banyak berjasa buatku.orangnya mencintai aku dan dirinya sendiri sepertiku. Sisi egoisnya juga gak bisa mengalahkan keegoisanku. Kami adalah partner hidup harus bisa saling melengkapi. Harus bisa menjadi shoulmate…           
                
10 April 2017 | 03.45 Wib
                 Aku harus membuka HPku..siapa sahabatku pengucap di WA yang paling duluan biar aku bisa ngobati Baper ku dini hari ini. Siap siap…ternyata belum ada sahabat WA yang ngucapin duluan…  ah begini ya rasanya kalao berharap..aku terpaksa mbukak Facebook neeh..
Siapa tahu ada obat Baper sesaat…aku akan tulis disini pertama kali siapa yg mengucap..
Ternyata sahabat Facebook yang mengucap pertama kali di wall ku adalah Pak setiawan Soegiarto seorang Apresian seni pertunjukan yang memang berteman di FB tapi kenal2 saja tidak begitu akrab. It’s Okelah..minimal dari org lain..dari saudara kandung dan keluarga kecilku belum ada sabaaar…aku harus rebahan nii..sepertinya fisik mulai gak tahan duduk dan pengen rebahan…

.10 April 2017 | 05.30 Wib
            Setelah rebahan sejenak bisa tidur sebentar, trus Ibadah Subuh,trus siap siap mau mandi..aku menunggu giliran mandi,keduluan Tata ..aku sempatin nengok HP,ga ada yang ngucapin…trus aku nulis lagi di laptop ini..Ibuk benar2 lupa.. anak2 juga ..tapi aku tidak akan ngasih tahu…sampai sadar sendiri… betapa gak pentingnya ya diriku…atau aku terlalu berharap banyak..

10 April 2017 | 05.59 Wib
            Ternyata yang mandi tadi adalah Ibuk,bukan Tata..Aku lalu giliran mandi,dan saat aku mandi aku merasa diluar kamar mandi Tata membisikkan sesuatu sama Ibuknya..dan begitu keluar kamar mandi Tata mengucapkan selamat ulang tahun paling duluan…dan setelah sampai di kamar tamau baru ibuk mengucapkannya…aku tdk bisa dibohongi meski ibuk bilang enggak lupa,ternyata ulang tahunku dilupakan oleh Isteriku….huhuhu..
             Meski gak merasa bersalah telah melupakan mengucapkan hari ulang tahunku..cara mengucapkanpun gak berasa special…apa benar aku gak begitu special ya dimata isteriku?
Mungkin sudut pandangnya berbeda ya..karena aku tidak bisa merasakan ketulusan meski aku telah mengajari di beberapa tahun di kehidupanku…
            Caraku mengajari adalah memberi contoh mengucapkan seawall mungkin..dan merayakan dengan makan bersama di suatu tempat…dari dulu begitu..di ulangtahun semua keluarga kecil kami. Saat HUT perkawinan juga jadi ada 6 kali kesempatan merayakan dengan makan bersama berlima di suatu tempat.
            Luar biasa aku yang baper,atau kepekaan isteriku yang kurang,atau aku tidak berhasil membawa suasana dan membangun kesadarannya ya?
            Kanda bangun pagi,dibangunin ibuk sambil dibisikin suruh ngucapin kepadaku…lalu kanda berteriak mengucapkan…sesaat kemudian lalu aku memberitahu dia untuk mengucap dan mendoakan yang baik…sepertinya dia belum faham dan segera merubahnya dia masih kecil..
Jam enam pagi lebih Kanda mengucapkannya.
            Sementara aku bercerita sampai disini dahulu,aku mau simpan di blogku…

10 April 2017 | 06.35 Wib            
            Berangkat Kerja.


Senin 10 April 2017 I 08.35 Wib
                Aku akan kembali melanjutkan ceritaku hari ini. Mumpung  pelajaran Bahasa inggris dilanjut Agama dan tari. Tetapi  Seni Tari hari ini kosong,jadi Bahasa inggris naik jamnya menjadi belakangan..sedangkan pagi ini sehabis upacara bendera kebetulan ada program periksa gigi dari IDGI..memperingati HUTnya IDGI memeriksa gigi anak anak..
                Saat saya mau masuk kelas sepertinya bu dokter tdk perlu bantuan..makanya saya bisa melanjutkan mengetik meminjam laptop sekoilahan. Sedangkan laptop saya di rumah...
Aku tadi sempat membuka WA.. sudah ada banyak yang mengucapkan kepadaku tapi belum kubalas kecuali yg japri,karena kalo di group pastinya harus semuanya disebut..padahal harus punya waktu panjang... satu persatu akan aku sebutkan. Yang pertama dari group Danoe yang artinya saudara saya kandung adalah mas danuji yang pertama, Dari Group sastrosuyono adalah suami Putri yaitu om Ario.. dari Group SMP yang pertama kali adalah Esti utarti..tumben di a ngirimnya di group..tidak Wapri. Yang dari group SMA adalah Cuplis atau suyanto teman smp dan sma. Dia otomatis tahu dari group smp.lalu yang japri sahabat lain adalah Eriz. Berikutnya adalah para follower yang mengikuti dan  copy paste...nanti kusebutkan satu persatu.. Yang dari sekolah belum ada satupun,tapi yg fesbuker itu bu silvi..mungkin dia belum online... dari murid juga belum ada....
                Ternyata sewaktu saya melewati kelasku, Naysila memberikan kado buatku kaos dengan bungkusnya serta surat ucapannya.mungkin orangtuanya yg mempersiapkannya...gak nyangka..
Baiklah aku akan mulai membalas ucapan2 tersebut..tetapi akan aku catat dulu yang mengucapkan sebelum siang nanti...sebelum sore dan sebelum malam hari...
Dari group Keluarga danoe (jml 34 orang)  yang mengucapkan mas Danuji (beliau juga fesbuker)..mas ji (06.25 Wib) lalu berturut turut dilanjutkan oleh  Yuswanto (06.31 Wib),Dian Oktari (06.32 Wib), Didik Widyanto (06.36 Wib), Rina (06.48 Wib), mbak Umi (08.07 Wib), mbak Tik (08.07),Yenny (09.14Wib), mbak Les (09.16 Wib)..
Dari Sahabatku Eri Zahir  Wa pribadi (07.46 Wib),
Dari Group SMP(jml  30 org) diawali oleh Sahabat kecilku Esti Utarti (07.12 Wib),dilanjutkan oleh  Syam Supria Hadi (07.16 Wib), lalu Mariani (07.28 Wib), trus Kariyem (07.49 Wib), lalu Winarni (07.56 Wib), Cuplis/ suyanto (08.11 Wib)
Dari Group SMA (jml 72 org) diawali oleh Cuplis/Suyanto (08.11 Wib),Catur (08.16 Wib), modra (08.26 Wib), Laila (08.29 Wib), Agus trimaryono (08.31 Wib),  Atik (08.37), gatot (08.39.Wib
Group JHS SMP (jml 22 org) juga  esti Utarti (07.09 Wib), Syam supria hadi (07.16 Wib)..
Dari group DKKY (jml  9 org) di dahului oleh mas Widihasto (07.21 Wib), trus Bu tutik (07.28 Wib), Pak santyo (08.24 Wib), pak suhud (08.26 Wib),Pak Charris (08.28 Wib)
Group Kuliner n dolan SMA (jml 48 org) diawali oleh Cuplis/Suyanto (08.11 Wib),Yunik  Astuti (08.47 Wib), Gatot (08.50 Wib)
Dari Group generasi 88 (jml  14 org) diawali oleh Made Wira adikusuma (08.04 Wib), Eko susila (08.54 Wib), imam suwiji (08.59 Wib),
Dari group Sastrosuyono (jml 37org) diawali oleh Ario/ aio ..suami putri (08.36 Wib), mbak ming (08.42 Wib), Windy (08.46Wib), Antok (09.04 Wib), Feny (09.06 Wib), Antik (09.07 Wib), Unik (09.17 Wib), mba Lisa (09.23 Wib), Fita (09.26 Wib),
Dari Group ICMI (jml 92org) diawali oleh Pak Doddy Yudista (09.09 Wib), p Charris Z (09.14 wib)..sudah saya tulis detail waktunya mereka mengucapkan..juga yg copas dan ucapan sendiri bisa kita ketahui tapi tentu saja tidak perlu dihapalkan.Buat apa, ikhlas atau tidak yang mendoakan tentu saja  sy tidak tahu...karena hati orang siapa yang tahu.
Senin 10 April 2017 I 09.15 Wib
                Ternyata capek juga menulis detail siapa yg perduli ke kita...tentu saja tidak berarti yg tidak mengucapkan benci atau tidak suka tetapi sebaliknya juga yg mengucapkan belum tentu benar2 peduli ..sekedar ikutan juga bisa. Ok tidak apa apa saya akan membalas juga tentunya sak selone...
Yang dari fesbuk baik di wall ataupun inbox tidak bisa saya sebut kecuali yg pertama pak setiawan sugiato

Senin 10 April 2017 I 09.45 Wib
                                                                                                                                                             Aku belum masuk kelas,karena masih pelajaran lain,tetapi surprise dapat kado kaos dari muridku klas 3C Naysila...terimakasih Nay..

(respon dari temn2 di facebook ada 68 ucapan dari ajun hery asmara,17 ucapan dari akun hery nganjuk, 17 respon dari akun privat melukis hery asmara, 2 dari akun sumpah perupa..)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WA 085743697982, Jual Nugget , Agen Nugget Tuna, Nugget Sayur

Ganbatte ! Ganbarimashou..!